WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Otomotif dan Disabilitas

Otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang terkait dengan alat transportasi darat. Cakupan dari industri otomotif sendiri adalah mesin, transmisi, sistem kemudi, suspensi, sistem pengereman, bodi dan sistem elektris dari suatu kendaraan. Di sisi lain, masih ada pelengkap yang berkaitan dengan alat transportasi darat tadi, baik terkait langsung atau tidak langsung. Yang langsung terkait sistem adalah oli, air accu, sistem AC, velg, kaca, airbag dan lain-lain. Sedangkan yang tidak langsung mungkin adalah semacam stiker, bantal mobil, audio dan hiburan, cat eksterior, tambahan sayap dan lain-lain. Jadi, secara garis besar industri otomotif menyerap tenaga kerja yang besar dari segi produksi, distribusi hingga pemeliharaan baik langsung dan tidak langsung.

Itu masih untuk produk otomotif untuk masyarakat umum, seperti jajaran armada mobil yang digunakan untuk memperkuat Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya. Belum lagi kendaraan khusus untuk penyandang disabilitas. Hanya memang, Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya tidak menyediakan bahkan mengkhususkan diri melayani para difabel ini karena armada dan kelengkapan kendaraan kami tidak mendukungnya. Mungkin ada rental mobil yang mengkhususkan diri pada khalayak difabel ini hanya wawasan kami tidak cukup baik dan terbatas pada satu hal ini. Bila memang dimungkinkan, jok kursi pada jajaran armada Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya pun bisa dilepas saat keberangkatan (penjemputan ke tamu). Namun ini juga belum ditunjang dengan perlengkapan memadai untuk para difabel saat naik kendaraan, setidaknya untuk saat ini. Karena sistem yang ada belum memungkinkan untuk itu, karena wujudnya bisa beraneka ragam.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah terbatasnya armada untuk penyandang disabilitas meskipun memang ada. Beberapa yang ada ini antara lain motor serta mobil. Misalnya pada tautan berita referensi Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya berikut: http://www.merdeka.com/otomotif/tvs-bisa-jadi-satu-satunya-pembuat-sepeda-motor-penyandang-disabilitas.html. Kaum disabilitas mempunyai kebutuhan yang sangat khusus. Seperti Ground Clearance dan pijakan kaki yang rendah. Dalam tautan tersebut pihak pabrikan motor mencoba berhitung dengan populasi penduduk difabel yang cukup besar: sekitar 11% dari keseluruhan penduduk Indonesia dan mencoba mengambil peluang tersebut. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pun menemukan referensi jenis kendaraan lain yang cocok untuk mereka. Berikut adalah salah satunya: http://www.mobilwow.com/berita-lengkap/mobil-ini-diciptakan-khusus-bagi-penyandang-disabilitas/6428.

Di lain pihak, ternyata telah ada yang menggagas usaha transportasi untuk kaum difabel. Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya menemukan salah satu tulisannya pada tautan berikut: http://www.rappler.com/indonesia/145401-ojek-difa-ojek-yang-dioperasikan-difabel-di-yogyakarta, yang memaparkan tentang suatu layanan ojek dengan ceruk dan mengkhususkan diri untuk difabel (meski tidak menutup kemungkinan menampung penumpang 'normal'. Kendaraan yang merupakan penggerak layanan tersebut merupakan hasil modifikasi sendiri. Pendirinya yang juga mengemudi, Triyono, merupakan difabel karena polio dan jelas sangat mengerti akan kebutuhan kaum difabel seperti dirinya. Jika Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat harus mengakomodasi kepentingan pelanggan difabel yang merupakan sasaran Ojek Difa (jikalau juga beroperasi di Surabaya) ini pun juga membutuhkan riset tersendiri selain kemungkinan harus merombak apa yang selama ini telah terbangun. Jadi, biarlah Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya tetap bersama pangsa pasarnya dan Ojek tersebut beroperasi dengan pangsa pasar mereka sendiri.

Sewa Rental Mobil Surabaya menemukan tautan lain akan UU yang tengah digodok oleh DPR: http://news.metrotvnews.com/hukum/Gbmw20xK-dpr-resmi-tetapkan-uu-disabilitas. Rancangan (RUU) ini menggantikan UU lama yang tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman sekarang. Dalam RUU ini pula segala hal yang terkait dengan disabilitas dibahas; jadi ruang untuk mereka pun sekiranya telah diperhatikan, meski pada kenyataannya kita menjumpai seringkali tujuan kebaikan pun menemui berbagai kendala di lapangan. Salah satu contohnya: para difabel pengguna kursi roda di Surabaya akan kesulitan mengakses jalan trotoar karena adanya tiang-tiang yang ditanam sebagai 'pengusir' pengendara motor. Ya, di banyak tempat dan kota kita menjumpai pengendara motor yang menggunakan trotoar jika jalan raya mengalami macet. Tentunya, perilaku semacam ini kemudian menggerus kenyamanan pejalan kaki dan penyandang difabel. Sementara solusinya pun agaknya tidak malah membantu penyandang disabilitas ini bisa memanfaatkan infrastruktur yang ada. Semoga pemecahannya akan segera ditemukan ke depannya agar semua lapisan dan golongan bisa beroleh keuntungan dari pembangunan kota.
 
* Keterangan gambar: Mobil khusus untuk kaum difabel.
sumber: thegarage.jalopnik.com