WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Membangun Merek di Masyarakat

Ada banyak tutorial di internet, termasuk cara membesarkan merek. Apakah merek itu? Secara mendasar, merek adalah sebuah identitas dari suatu produk baik barang atau jasa, yang bertujuan supaya bisa dikenal konsumen/masyarakat dengan lebih mudah. Dari referensi Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya pada halaman berikut: http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/2015/08/tips-cara-membangun-merek-bisnis-yang-kuat.html, ternyata ada manfaat lain dari suatu merek kepada konsumen; berikut kutipannya dari manfaat merek tersebut:
- Sebagai identifikasi sumber produk
- Penetapan tanggung jawab pada pemanufaktur atau distributor tertentu
- Pengurangan resiko
- Penekanan biaya pencarian (search cost) internal dan eksternal
- Janji atau ikatan khusus dengan produsen
- Alat simbolis yang memproyeksikan citra diri
- Signal kualitas
Tetapi kami tidak akan menjabarkan semua poin tersebut kecuali yang disebutkan di awal supaya tidak memperumit artikel ini.

Sebagai contohnya di dunia transportasi, ada merek mobil, kunci pas, dongkrak, pompa kompresor dan lainnya. Ada pula merek rental mobil macam Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya. Dan ada merek jasa dan nama bengkel juga yang bisa kita temui. Ini bukti bahwa di masa sekarang kita harus membedakan diri dengan lainnya supaya mudah dikenal atau bahkan tidak disalahgunakan oleh orang lain yang mengaku bagian dari kita karena bernama sama. Karena 'pendomplengan' ini bisa merugikan atau tidak, tergantung pihak yang mendomplengnya.

Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya yang mempunyai website dengan ceruk 'sewa mobil' yang pertama di Kota Surabaya merasakan bahwa ada berderet nama sejenis mengekor di mesin pencarian saat kita mengetikkan kata 'sewa mobil' ini. Tanpa perlu disebutkan, nama domain website dengan penggalan kata 'sewa mobil' dan 'rental mobil' akhirnya menjadi nama domain yang umum dan semakin banyak pemiliknya, terlihat hingga halaman 10 di Google. Hal ini mungkin sedikit membingungkan konsumen, tetapi Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat merasa akan lebih membingungkan konsumen lagi jika kami mengganti domain website tersebut.

Hanya kami meletakkan merek kami yakni WX Rent Car pada website tersebut dan awal pemilihan domain nama Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya adalah hanya untuk menegaskan bahwa kami beroperasi di kantor Surabaya. Jadi itulah kilas sejarahnya. Sedangkan bagaimana kami membangun merek mungkin sama dengan perusahaan lain yang juga bersusah-payah menanamkan image di awal-awal, mereka dan kami merintis dari nol. Tentu saja, membangun merek sama dengan membangun kepercayaan.

Jika layanan kami buruk, maka merek yang dirintis itu akan mudah tumbang. Hal ini tak mudah juga tak sulit ketika banyak yang mengenal layanan kami. Namun terkadang memang ada kendala teknis pada bidang apa saja, termasuk yang menyangkut layanan oleh 'orang-perorangan'. Maksudnya, pada suatu sistem yang bagus mungkin tidak luput dari kualitas per-individu stafnya. Jadi mungkin akan ada seseorang staf yang buruk dan kurang bisa diandalkan (yang hobi melempar kesalahan pada orang lain) di sebuah perusahaan besar maupun kecil yang kemungkinannya dapat membuat konsumen berpendapat bahwa suatu perusahaan tadi terdiri dari orang-orang yang menyebalkan secara keseluruhan.

Membangun merek di masyarakat juga membutuhkan konsistensi dan kepedulian yang tinggi. Sebuah merek bisa hancur dalam sekejap jika kita mengabaikan hal yang seharusnya. Beberapa pihak 'mengurangi timbangan' atau kurang menjaga reputasi dengan memberikan pelayanan yang buruk setelah mereka cukup 'ternama' yang kemudian kita sebut sebagai skandal.
Sementara lainnya tetap menyadari bahwa layanan dengan mengabaikan kualitas tersebut kurang etis untuk dilakukan. Misalnya dari pengalaman seorang penulis pada media berikut: https://seword.com/ekonomi/beras-cap-ayam-jago-setengah-abad-membangun-brand-hancur-dalam-sehari/. Setidaknya merek yang tumbang dan dipaparkan pada artikel tersebut pernah menyabet penghargaan 'Superbrands', dengan kata lain adalah merek yang tertanam kuat di masyarakat. Beberapa tahun lalu Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya sempat mengalami spamming pada akun media sosial twitter. Si penyebar berniat menjual furnitur, yang mungkin menyewa programmer atau seseorang yang paham betul bagaimana 'mengacak-ngacak' sistem supaya banyak orang mendapat informasi produknya. Mungkin menurut produsen hal ini bisa membantu mengenalkan mereknya, tetapi banyak orang menganggap perilaku spamming ini cukup menjengkelkan sehingga bukan kesan positif yang didapat dari produk tersebut melainkan kesan negatif. Inilah yang kami hindari betul.

Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya sendiri bukan termasuk superbrands di mata umum, tetapi Anda pun tak perlu khawatir bahwa kami akan mengabaikan Anda selama atau sesudah penyewaan. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan di 'belakang layar' saat layanan kami Anda akses, sekaligus menjaga Anda tetap nyaman dalam setiap waktu ketika Anda menuju tempat tujuan Anda. Menjaga hal tersebut tetap konsisten dalam jangka panjang lebih penting menurut kami ketimbang menanjak dengan drastis lalu tidak bisa menjaga nama yang telanjur tinggi tersebut. 
 
 
 
 
 
****
Keterangan gambar: Ilustrasi tentang simbol merek: (R) untuk merek terdaftar dan (TM) untuk merek yang belum terdaftar. Sumber: freeimages.com/Petr Wija