Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Wisata Kuliner? Ayo!

Dari sejarahnya, masakan adalah merupakan satu bentuk kebudayaan manusia yang sangat tua, pengembangan dari kegiatan 'meramu' yang merupakan warisan zaman manusia prasejarah. Dalam prosesnya, pengembangan dan persebaran manusia ke seluruh dunia menyebabkan bahan-bahan ramuan untuk proses memasak tersebut tidak sama, serta menjadikan keunikan tersendiri dari satu daerah dibandingkan dengan daerah lainnya. Hingga kemudian saat peradaban manusia lebih berkembang, ditemukanlah bahwa rempah-rempah tertentu bisa membuat suatu masakan lebih kaya rasa. Sejak rempah-rempah tersebut ditemukan dan digunakan dalam proses memasak untuk perjamuan, ternyata membuat harganya melonjak karena distribusinya tersendat dari timur ke Eropa oleh saudagar Arab dan Turki yang seenaknya mematok harga dan membuat jual beli rempah tersebut menjadi monopoli yang membuat bangsa Eropa kelabakan. Inilah yang membuat bangsa Eropa sampai melakukan pelayaran dan pergi ke timur dan akhirnya menjajah Indonesia karena kekayaannya.

Sedangkan di Indonesia sendiri yang merupakan tempat dimana rempah-rempah masih menjadi salah satu komoditi utama pada saat ini, proses memasak dan mengolah bahan mentah ini menjadi satu hal yang kompleks. Kita bisa menemui keanekaragaman masakan khas dari berbagai daerah karena banyaknya suku bangsa di Indonesia. Hal inilah yang kemudian menjadikan ciri khas suatu daerah ini unik dan mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mencicipi beragam masakan dari berbagai daerah tersebut. Hal ini menjadikan istilah 'wisata kuliner' sebagai cabang dari travelling mampu bersanding dengan wisata pemandangan alam, wisata sejarah dan wisata lainnya. Wisata kuliner ini menjadi salah satu daya tarik suatu daerah seiring berkembangnya media massa, termasuk didalamnya adalah online dan cetak, serta media elektronik macam TV dan radio.

Saat ini, pengertian wisata kuliner ini meluas dan tidak selalu mengunjungi daerah aslinya meski masih ada saja orang yang datang dari jauh yang 'blusukan' ke suatu daerah terpencil hanya karena suatu masakan atau depot/warung/resto terkenal cita rasanya. Kita tidak lagi menemukan Pempek Palembang hanya di Palembang. Tongseng pun tidak hanya berada di Solo, dan Gado-gado yang enak tidak hanya dijual di Jakarta. Begitupun masakan luar negeri seperti negara-negara yang terkenal kulinernya seperti China, Korea, atau Jepang pun banyak ditemui di kota-kota besar seperti Surabaya tempat Sewa Mobil Surabaya bermarkas. Seiring perkembangan yang terjadi kemudian, banyak orang juga sibuk mereka-reka rasa dari ciri khas masakan asli dari berbagai daerah lokal maupun berbagai belahan dunia untuk dikembangkan menjadi cita rasa baru. Atau bahkan dengan memodifikasi yang sudah ada:
http://video.metrotvnews.com/play/2015/06/27/408177/408177/naik-pamor-makanan-warteg-disulap-ala-hotel-bintang-lima
Inilah sebab beberapa masakan seperti Iga Penyet atau Bebek Kremes atau lainnya menjadi populer di suatu tempat dengan suasana makan yang menarik. Beberapa pengunjung dari luar kota pun akan merasa menyayangkan dan menyesal jika menggunakan jasa Rental Sewa Mobil Surabaya tetapi tidak sempat mampir ke beberapa tempat yang direkomendasikan.

Dan inilah kendalanya: karena perkembangan yang pesat, Sewa Mobil Surabaya ternyata agak kesulitan juga meneliti tempat-tempat mana saja yang direkomendasikan. Apalagi selera tiap orang tidaklah sama. Seorang pakar kuliner William Wongso pernah berujar bahwa masakan Indonesia yang paling enak diracik oleh ibu-ibu rumah tangga biasa yang terletak di pelosok-pelosok. Sugesti ini cukup membingungkan para pecinta kuliner bila akses jalan untuk menjangkau daerah pelosok tersebut sangat sulit. Serta ketidakmungkinan para pecinta kuliner untuk menjajal satu persatu daerah tempat makan tersebut. Saran kami: Anda bisa membuka website-website atau blog-blog atau bahkan majalah serta tabloid cetak dimana masakan tersebut dijual dan termasuk direkomendasikan. Tapi, Anda bisa memilih dan memilah juga dari berbagai media tersebut dan sangat direkomendasikan untuk membaca reviewnya secara detil, bahkan dari komentar yang masuk. Karena keistimewaan dari reviewer sangatlah murni merupakan testimoni yang baik dari seorang konsumen ketimbang dari penjualnya secara langsung. Setelah Anda mengantongi nama dan alamatnya, maka Rental Mobil Surabaya dapat membantu Anda mencarinya. Setidaknya bila suatu resto direkomendasikan, maka kecil kemungkinannya tempat favorit berkuliner tersebut akan pindah tempat atau tutup yang disebabkan karena biaya operasional resto tersebut tidak sebanding dengan tamu yang datang.

Kekayaan kuliner bangsa kita telah mendapat tempat yang cukup baik di mata masyarakat pecinta kuliner negeri sendiri. Lagipula, beberapa warisan kuliner Indonesia tampaknya cukup baik pula diterima masyarakat Internasional dengan banyak bukti. Salah satunya adalah bertenggernya Sate Ayam, Rendang dan Nasi Goreng pada peringkat 15 besar survei yang diadakan oleh CNN untuk 35ribu penikmat kuliner dunia beberapa waktu lalu. Bahkan Rendang dan Nasi Goreng ada di peringkat pertama dan kedua. Selain itu ternyata ada data 40 menu paling lezat di Indonesia yang dirilis CNN juga: http://nasional.news.viva.co.id/news/read/245409-survey-cnn--40-makanan-terbaik-dari-indonesia.
Ini membuktikan bahwa bidang kuliner memang cukup mendapat perhatian di bidang pariwisata dunia. Jadi akhirnya, siapkan sebelumnya daftar tempat yang ingin Anda kunjungi saat menyewa mobil dan Sewa Mobil di Surabaya yang akan mengantar Anda. Perencanaan adalah penting ketimbang menyesal karena terlupa kemudian ^_^. Wisata Kuliner? Ayo!

image: mufidpwt.