Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Mencermati Lokalitas (I)

Apa yang bisa kita lakukan jika kita mendapati hal yang asing di hadapan kita? Mungkin, kita akan berusaha untuk memahami hal yang asing tersebut dan harus banyak belajar darinya. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya kali ini membahas beberapa hal; terutama yang terkait dengan traveling dan transportasi yang terkait dengan bidang usaha Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya, serta apa yang kita dapatkan jika 'melek lokal'. 'Melek lokal' ini berarti peka dan peduli terhadap kebiasaan dan pemikiran pada daerah setempat dimana seseorang atau suatu pihak singgah.

Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya  mendapati 'kelucuan' yang sempat menjadi viral di dunia maya ketika para crosser (sebutan untuk mereka yang touring di daerah 'kasar' dan terjal atau berlumpur menggunakan sepeda motor khusus untuk itu), melongo melihat ibu-ibu hanya bermodal sepeda motor bebek; yang bisa Anda akses pada tautan berikut: http://www.otosia.com/berita/kocak-emak-emak-bonceng-anak-langkahi-para-crosser.html. Namun bagi ibu-ibu tersebut, medan yang demikian ini menjadi biasa bagi mereka karena telah menyesuaikan diri. Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya juga melihat perbedaan mereka yang hidup di dataran tinggi (khususnya pada turunan/tanjakan curam) semacam Batu atau Pacet-Mojokerto dengan mereka yang hanya melintas saja; angka kecelakaan yang tinggi pun lebih mengarah ke pengendara dari luar kawasan ketimbang mereka yang tinggal di daerah tersebut. 
Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya sebenarnya telah mengantisipasi hal ini dengan menerjunkan sopir yang berpengalaman, bukan yang pertama kali 'masuk ke dunia sopir' rental. Hal ini tentu bertujuan sebagai langkah pengamanan para penumpang. Beberapa sopir mempunyai pengalaman membawa barang, jadi sales kanvas atau malah diluar bidang kerja sopir; tentang hal ini mungkin akan dipertimbangkan disebabkan menjadi sopir rental mobil agaknya diharuskan mempunyai ketrampilan sendiri karena mereka juga bertanggungjawab terhadap nyawa orang lain.

Beberapa waktu lalu, publik Indonesia dikejutkan dengan kehadiran aktor Hollywood Leonardo DiCaprio yang berniat memasuki hutan-hutan Sumatera dalam rangka perjalanannya melihat dari dekat mengapa hutan-hutan tropis yang menyokong oksigen dan berpengaruh terhadap iklim di bumi semakin tergerus. Dan perjalanannya ini juga didampingi oleh pemandu dari penduduk lokal. Sebagai figur publik, sepertinya DiCaprio harus mencari tahu bagaimana kehidupan di daerah-daerah yang dikunjunginya untuk menghindari benturan budaya. 

Di sisi lain, Rental Sewa Pickup Grand Max di Surabaya menemukan adanya 'pemandu lokal' lain yang dipekerjakan oleh mereka yang ingin mendaki gunung atau ke kawasan yang susah dilalui. Biasanya, perlengkapan yang mereka gunakan ini lebih sederhana ketimbang para pendatang tersebut. Di berbagai kawasan wisata pun seringkali kita akan menemukan orang-orang yang bekerja sebagai pemandu wisata. Namun dari jam terbang dan pengalaman menjelajah, kemampuan mengenali medan dari para pemandu ini tentu tak dapat dikesampingkan. Jadi, beberapa orang yang mempunyai 'uang lebih' seringkali akan 'menurut' apa kata pemandu; sebagai imbasnya, beberapa orang yang terlibat dalam suatu perjalanan akan mendapatkan gaji yang dapat mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Terkadang, munculnya wisatawan atau pelancong ini juga turut mengangkat perekonomian di wilayah setempat yang mungkin jauh dari sentuhan pembangunan.

Seringkali selama operasional Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya pun banyak menghadapi semacam ini, khususnya para sopir baru di lapangan. Ada banyak tempat dimana para sopir tersebut tidak merasa familiar, meski itu juga memang merupakan resiko dari pekerjaan sopir. 
Namun sepengetahuan Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat, di Jawa Timur yang sering dikunjungi serta sebagian Jawa Tengah atau Bali yang terkadang juga menjadi tujuan tamu terjauh agaknya tak banyak berbeda dari segi etika dan bagaimana kita harus bersikap. Maksudnya, di beberapa belahan dunia ada isyarat tubuh yang mempunyai makna berbeda dari yang sering diterapkan oleh masyarakat modern pada umumnya. Tetapi yang terpenting bagi Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya dari semuanya adalah menjaga kesopanan dimanapun supaya aman. Mungkin seperti kata orang, "Anda sopan kami segan."

Ada berita yang cukup mengejutkan tak lama ini mungkin, yakni wisatawan di Bali yang dilindas oleh motor. Untuk selengkapnya bisa dibaca pada tautan berikut: https://www.otosia.com/berita/berjemur-di-jalan-bule-di-bali-dilindas-pemotor-matik.html. Terlepas dari siapa yang salah, ada hal yang mungkin belum dipahami dengan baik oleh para bule tersebut: bahwa 'kebebasan' di negara kita tidak seperti yang mungkin ada di negaranya, karena jalan merupakan sarana untuk mobilitas dan transportasi, maka sebuah jalan umum pun tidak bisa digunakan untuk kepentingan pribadi yakni rebahan. 
Meski terkadang Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya pun menemui pembuntuan jalan, namun biasanya hal ini adalah kepentingan dari beberapa pihak atau kepentingan bersama seperti perbaikan jalan, tirakatan 17 Agustusan, dan lain sebagainya. Bukan merupakan pembenaran bahwa jalan untuk umum hanya dipunyai segelintir orang saja. 

Tetapi memang ada salah kaprah yang terjadi semacam acara 'sepihak' seperti tenda kondangan yang kerap melintang (bahkan kadang hingga membuntu) jalan serta acara unjuk rasa yang dilakukan oleh beberapa pihak dalam menuntut sesuatu. Padahal mereka yang begini (apalagi bila dilakukan tanpa izin dari pihak kepolisian) akan berpotensi memacetkan jalan dan menghambat lalu-lintas. Kembali ke bule tadi... sebagai wisatawan asing, seharusnya mereka menghargai juga kebutuhan rakyat setempat dimana dia singgah untuk sementara waktu. Bukan begitu?
 
 
***
Keterangan gambar:  keberadaan dan komunikasi dengan penduduk lokal sangat penting saat kita berada di suatu tempat 'asing'. sumber: unsplash/Annie Spratt