Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Pernah Menjumpai Pasar Kaget?

Pasar Kaget adalah sebutan lokal untuk pasar yang tidak permanen. Kebanyakan pasar kaget hadir secara spontan tidak terkonsep/terencana sebelumnya, seperti banyak pasar tradisional dengan bangunan gedung yang megah. Pasar kaget ini menempati satu tempat khusus dimana awal keberadaannya dipelopori oleh penjual sayur atau penjual ikan atau penjual lainnya yang nyaman dengan tempatnya berjualan; lalu mengundang penjual lain untuk 'mengadu untung' yang sama.

Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya melihat hal seperti ini telah lama ada di kota-kota besar. Namun biasanya yang disebut 'pasar kaget' atau 'pasar krempyeng' (Jawa) ini selalu bubar dan tidak terlihat lagi fisiknya di atas jam 10 siang. Jadi mereka yang membutuhkan keperluan masak atau barang apapun saat waktu menunjukkan di atas jam 10 siang biasanya akan menuju pasar rakyat atau 'pasar tradisional fisik' yang dibangun pemerintah. Meskipun terkadang kita pun menjumpai jika banyak pedagang di pasar rakyat tersebut memang banyak kembali pulang saat lewat tengah hari. Baik pasar rakyat ataupun pasar kaget, keberadaan keduanya berpotensi menimbulkan antrian kendaraan pada jam-jam sibuk. Dan kawasan dekat garasi atau kantor Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya tak luput dari gempuran penjual rakyat ini dan bisa dipastikan demikian pada titik-titik tertentu.

Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menemukan banyak tautan yang menyebutkan tentang pasar kaget, sekaligus wacana tentang pengadaan hari pasar rakyat salah satunya berikut ini: http://www.kompasiana.com/kembang_jagung/apakah-hari-pasar-rakyat-nasional-itu-perlu-tentu-saja_588afd8f957a610b07d22b2c. Dan fenomena adanya 'pasar sementara' ini juga ditemui di malam hari meski sebutannya bukan lagi 'pasar kaget', namun lebih ke 'pasar malam' yang diselenggarakan menjelang event tertentu atau perayaan khusus; yang berbeda dengan pasar kaget pagi yang cenderung berisi 'kebutuhan dapur' atau sembako dan sayur-mayur. Biasanya, 'pasar malam' ini penuh dengan penjual kuliner serta makanan ringan, pakaian, mainan anak-anak, mainan keberuntungan (semacam lempar gelang) dan lain-lain. 

Pasar kaget sendiri (waktu pagi) biasa ditemukan di dalam banyak perumahan dengan titik fokus operasional di jalan-jalan tertentu. Misalnya dari sumber sebelumnya salah satunya ada di daerah Tropodo, Deltasari, Pondok Tjandra Waru. Sedangkan di daerah dalam Kota Surabaya yang dekat dengan kantor Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya sendiri, pasar kaget ini mungkin ada di sekitaran Darmo Permai yang jauh dari pasar tradisional/rakyat terdekat. Sedangkan 'pasar kaget' malam biasa diselenggarakan di jalan Lontar, Sambikerep, atau bila termasuk mainan semacam komidi putar dan lain-lain ada di lapangan di Bangkingan Surabaya. Sementara di kawasan lain Surabaya, jalan frontage ke Arah Sidoarjo pun cukup sering digelar.

Meski acapkali dipandang semrawut dan menghambat lalin, agaknya tak ada yang protes akan keberadaan 'pasar kaget' dan 'pasar malam' semacam ini—Setidaknya Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya belum menemukannya ^_^ . Namun Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya menduga jika keluhan itu bisa datang dari pemilik stand yang awalnya menyewa atau membeli ruang berjualan di pasar rakyat atau di suatu pusat berbelanjaan. Memang bersifat temporer, tetapi kemudian banyak pula yang akhirnya memanfaatkan keberadaannya dengan berbelanja sesuatu untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kita membaca banyak artikel yang berhubungan dengan pasar rakyat, maka kita akan mengetahui bila pasar rakyat yang ada semakin sepi; salah satunya adalah tautan berikut: http://wartakota.tribunnews.com/2018/02/27/pasar-rakyat-sepi-ada-pergeseran-gaya-hidup-ini-kata-warga. Padahal pasar rakyat dibangun dengan dana yang cukup besar. Tetapi memang ada beberapa faktor dan tidak hanya berasal dari pasar kaget tersebut; namun masyarakat yang ingin kemudahan dalam berbagai hal, termasuk dalam membeli. Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya sendiri cukup paham dengan kondisi ini disebabkan sering bertemu tukang sayur keliling. Meski tak akan selengkap di pasar, terkadang beberapa ibu rumah tangga menilai cukup representatif. Selain tukang sayur keliling, ternyata ada juga pemilik toko rumahan yang turut menjual sayur dan kebutuhan dapur.

Dari sini mungkin akan membingungkan bagaimana solusi untuk permasalahan antara pasar rakyat dan pasar kaget ini dan Rental Sewa Mobil Per-12 jam di Surabaya pun akhirnya cukup bertoleransi saja dengan kondisi demikian; karena biasanya di sekitaran pasar tersebut ada yang secara sukarela mengatur lalu-lintas kendaraan yang melintas. Terkadang mereka ini adalah satpam setempat atau juru parkir dari pasar kaget tersebut, jadi sepertinya hal yang demikian akan meminimalisir terjadinya kecelakaan.
 
 
 
***
Keterangan gambar: sekumpulan penjual yang berada di satu jalan. Di Surabaya kerap dijumpai yang seperti ini, baik di lokasi pasar rakyat atau lokasi pasar kaget yang tak termasuk ke dalam operasional dinas pasar. sumber: Unsplash/Arihant Daga