Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Tentang Hal Kelayakan Jalan (I)

Layak jalan adalah sebuah kondisi yang diharapkan pada sebuah kendaraan untuk mengaspal di jalanan. Sebuah kondisi 'layak jalan' ini bukan hanya dari segi fisik yang nampak secara sekilas saja, tetapi lebih dari itu. 'Kelayakan jalan' yang dimaksud UU No 29 Tahun 2009 tentu berbeda dengan kelayakan jalan yang diberlakukan Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya. Jika pemasangan atribut/aksesori dan perlengkapan mobil sudah dirasa cukup beserta surat-surat penting kendaraan pun telah dipenuhi, mungkin Anda akan dirasa 'layak jalan' menurut UU tadi. Tetapi di Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya, pemeriksaan terhadap kondisi mobil pun bisa lebih mendetil dibandingkan jika Anda berkeliling menggunakan taksi daring individu berbasis aplikasi, meski hal semacam ini tak mutlak juga. Namun adanya 'indikator debu' pada dashboard kendaraan personal tadi bisa dikatakan menjadi bukti yang cukup untuk pengambilan kesimpulan sekilas bila perawatan mobil tersebut agaknya 'kurang ditengok' dalam rentang waktu beberapa hari. Karena Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat beranggapan, debu yang menempel pada sebuah benda tak akan tertimbun banyak hanya dalam waktu sehari; dan di tempat kami, kondisi kendaraan berdebu tebal seperti ini tergolong tak sesuai standar dan 'tak layak jalan'.

Klaim dan penilaian kami inipun tidak bertujuan apa-apa, hanya memperlihatkan bahwa 'standar kebersihan' yang jelas juga akan memberi kenyamanan tamu penumpang hingga tempat tujuan. Disamping karena pernah sekali mencoba bagaimana rasanya menggunakan layanan salah satu armada taksi via aplikasi tersebut. Secara garis besar dari yang Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya kumpulkan dari berbagai sumber (termasuk 'mantan penggiat' taksi berbasis aplikasi), aturan standar dari perusahaan taksi daring tersebut adalah hanya berkisar antara tahun rilis mobil serta tarif per-kilometer serta kewajiban setoran perharinya. Hanya bila ditinjau lebih jauh, tarif per-kilometer ini pun dirasa Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya juga cukup mendasar dalam operasional; karena bila armada tersebut tidak terawat (dengan proses pembakaran yang tidak sempurna) tentu mempunyai imbas boros pada bahan bakar yang digunakan. Dan pada dasarnya Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya tidak menganggap barisan armada transportasi daring berbasis aplikasi tersebut sebagai kompetitor disebabkan perbedaan sistem operasional serta perekrutan.

Kembali ke bahasan kendaraan layak jalan—definisi 'layak jalan' pada kendaraan transportasi umum agaknya lebih terkesan 'prosedural', namun pada fungsinya sama yakni ditujukan untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang serta pengguna jalan lainnya. Di beberapa media daring, Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya menemukan bahwa ada banyak mobil yang sebenarnya tidak layak jalan saat beroperasi setelah digelar sidak; salah satunya pada tautan berikut: http://bisnis.liputan6.com/read/2950806/gelar-sidak-kemenhub-temukan-ratusan-bus-wisata-tak-layak-jalan. Kondisi tak layak jalannya pun (dari yang terpapar pada berbagai sumber) memang banyak poinnya dari yang sekiranya terasa sepele hingga benar-benar penting. Misalnya, baut/mur yang kurang lengkap atau tak terpasang semestinya atau bahkan 'sekadar' palu pemecah kaca jika keadaan darurat. 

Jika kita melihat banyaknya berita media sosial tentang jalan layang tertentu yang sering mendapat kemacetan disebabkan adanya armada (terutama) truk atau pickup yang mogok karena tak kuat menanjak, mungkin kita bisa melihat bahwa ada banyak diantara kita yang berkendara dengan kondisi yang tak layak jalan. Belum lagi jika adanya suku cadang yang terlepas: https://www.otosia.com/berita/as-truk-ini-putus-di-tengah-jalan-apa-sebabnya-ya.html dan berbahaya bagi banyak kendaraan di belakangnya; termasuk Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya jika kebetulan berada disitu. Tak jauh berbeda dari itu seringnya laporan di media sosial tentang adanya as-patah yang terjadi di jalan tol saja sudah cukup meresahkan, karena sejatinya jalan tol ini digolongkan sebagai jalan 'bebas hambatan'; jadi tamu konsumen Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya pasti diarahkan ke sana jika ingin cepat sampai tujuan. Dan tentu saja, kecepatan kendaraan di jalan tol secara umum memang lebih tinggi dibanding jalan raya biasa. Tentunya, ada harga yang harus dibayar di jalur tersebut.

Merunut UU yang berlaku dan jika UU tersebut diberlakukan secara tegas, ketiadaan 'segitiga pengaman' pun dapat termasuk 'tak layak jalan' karena rambu ini biasanya digunakan saat mobil mendapat gangguan di jalan sebagai tanda peringatan bagi pengemudi lainnya. Segitiga pengaman itupun diharuskan dipasang beberapa meter di belakang kendaraan yang terpaksa berhenti tadi. Namun dalam praktiknya di lapangan, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya melihat banyak orang (pengendara) menggunakan ranting pohon berdaun yang diambil pada pepohonan sekitar mobil 'malang' tadi sebagai ganti segitiga pengaman untuk tujuan yang sama. Secara sekilas hal ini mungkin 'bisa diterima' (dipahami) tetapi masih kurang representatif. Karena bisa jadi hanya benar-benar bermanfaat saat kendaraan berada di jalan lurus. Jika kendaraan bermasalah tadi berada di kelokan/tikungan curam tentu akan berpotensi tidak terlihat karena ranting pohon tadi biasanya disematkan pada badan belakang kendaraan ketimbang pada jarak beberapa meter dari kendaraan.
 
 
***
Keterangan gambar: ilustrasi sebuah mobil taksi yang mengaspal di jalan. Di negara maju, hal-hal terkait kelayakan jalan ini diperhatikan dengan lebih tegas. sumber: pixabay/RyanMcGuire.