Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Tikungan Dan Persimpangan Jalan

Tikungan serta persimpangan merupakan hal yang umum ada di belahan manapun disebabkan pengaturan-pengaturan yang dilakukan sejak zaman prasejarah hingga kini. Pasalnya, kondisi medan alam dan apapun yang ada di sekitar menuntut manusia untuk membuat tikungan dan persimpangan pada jalan; namun hal tersebut juga dapat muncul dengan sendirinya disebabkan kebutuhan serta ramainya trafik di atasnya (jika kondisinya berada di padang atau dataran) ini. Mungkin, jalur transportasi yang mempunyai tikungan atau persimpangan (secara teori) hanyalah jalur pesawat udara. Namun seiring pesatnya trafik udara, ketinggian dan arah pun pasti mendapat pengaturan juga.

Tetapi mungkin tak semua dari kita paham jika tikungan di jalan tol atau jalur berkecepatan tinggi di pinggir kota berbeda dengan tikungan di tengah perkotaan. Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat menyimpulkan demikian disebabkan beberapa video yang viral tentang bagaimana beberapa pemotor berkendara di tikungan. Seperti contohnya video berikut: https://www.facebook.com/groups/432328100307729/permalink/737050156502187/. Tak cukup satu ternyata yang ditemukan Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya, ada lainnya lagi: https://www.facebook.com/groups/1892067761011523/permalink/2117931575091806/. Bisa jadi, mereka yang memiringkan motor begini terinspirasi dari menonton balap motor di televisi. Hanya Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya kemudian menemukan kecaman terhadap pemotor seperti itu, disebabkan masyarakat bisa jadi akan menggeneralisasi 'biker' semuanya buruk: http://indobikermags.com/2017/08/09/udah-ga-ngerti-lagi/. Wah, semoga kita semua tak memukul rata semua 'biker' juga ya...

Jika kita memahami adanya gaya sentrifugal dan sentripetal pada fisika, maka kita mungkin mengetahui jika hal ini juga diterapkan pada jalan. Tidak semua jalan memang, tetapi hanya jalan-jalan khusus dengan pengamatan tertentu. Pengertian gaya sentrifugal adalah efek semu ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar, benda tersebut menjauhi pusat lingkaran: https://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_sentrifugal. Gaya ini muncul saat kendaraan melaju pada tikungan jalan dengan kecepatan awal sekian puluh kilometer perjam. Dan kemiringan jalan (ke arah dalam) tersebut diterapkan untuk mengimbangi supaya saat melintasi tikungan, kendaraan masih mempunyai pijakan untuk roda dan tidak terlempar ke luar.

Yang Rental Sewa Mobilio di Surabaya temui (serta lewati) adalah jalan tikungan selepas Bunderan Waru ke arah Medaeng dimana jalan tersebut dibuat miring sesuai prinsip tadi. Begitu juga saat berkendara di jalan tol dengan tikungan, hal ini pun diterapkan meski tidak terasa oleh sebagian besar dari kita, sama seperti pada sirkuit tadi. Jalan lain yang lebih terasa mungkin adalah sepanjang Kediri menuju ke arah Batu yang melalui kelokan yang curam disebelah tebing-tebing. Bila tak turun dan merasakan sendiri kemiringan tersebut, mungkin kita bisa melihat film 'Thunderbold' yang dibintangi Jacky Chan pada adegan tikungan sirkuit.
Dan yang lebih ekstrem mungkin adalah 'well of death' atau motor dome yang merupakan contoh atraksi berdasar gaya fisika tadi: https://youtu.be/HhuzC7gvYo4. Tak hanya sekadar miring, sebuah motor yang melaju pada bangunan 'sumur' tersebut bahkan bisa 'merebah' 90 derajat terhadap tanah datar yang tentu ditambah dengan kecepatan yang cukup. 

Sedangkan tikungan di tengah perkotaan (semacam di daerah Gubeng, Kenjeran, ITS dan daerah lain) cenderung datar dan tak sulit untuk dilalui berjalan kaki dengan tegap, tak seperti jalanan yang dipaparkan sebelumnya. Jadi jika sopir Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi mungkin akan membuat penumpang 'terlempar' ke arah luar tikungan jalan tersebut. Tetapi syukurlah SOP yang berlaku untuk semua sopir adalah berkendara nyaman untuk keamanan penumpang. 

Beralih ke persimpangan, dimana pengadaannya disebabkan oleh kebutuhan transportasi dan mobilitas; yang ditandai oleh ketika sebuah jalan berpotongan dengan jalan lain, begitu juga arus lalin yang sibuk di atasnya. Sebagai sebuah kondisi jalan, Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya merasa tikungan serta persimpangan ini mempunyai persamaan: seringnya kita harus mengurangi kecepatan di sana, apalagi di persimpangan yang digunakan oleh arus trafik dari arah lain. Di sisi lain, tak setiap tikungan mempunyai jarak pandang yang lebar, khususnya di tikungan curam (mempunyai sudut 180° atau mirip U-turn/putar balik). Inilah yang membuat seorang pengendara harus lebih awas di keduanya.
Sebuah tikungan pun didapati pada sebuah percabangan. Alih-alih mirip dengan persimpangan, salah satu percabangan di jalan ini akan mengarah ke tujuan kita. Jika kita terlewat pada tikungan yang kita kehendaki, maka langkah terbaik adalah melaju sejauh ada kesempatan untuk berputar balik dan menggunakan lajur sebelahnya tadi. Lalu kembali ke titik dimana kita terlewat. Karena Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya merasa miris saat menemukan video yang viral berikut: https://www.facebook.com/sajaheboh/posts/2061970357417610, dimana seorang pengemudi nekat berhenti di tengah jalan tol serta mengacaukan konsentrasi pengendara lain yang sedang melaju kencang. Jika hal ini dilakukan oleh salah seorang sopir Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya, maka tidak perlu dianalisa lebih lanjut bila yang bersangkutan akan diganjar sanksi atas kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan. Berkendara membutuhkan konsentrasi tinggi, dan karena itulah Anda dapat menggunakan jasa Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya sehingga fokus Anda tidak terpecah. Sopir akan melakukan tugasnya secara profesional, begitu pula dengan pekerjaan Anda sendiri. Win-win solution.
 
 
***
Keterangan gambar: Persimpangan di suatu kota. sumber: Pixabay/Free-Photos