Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Evakuasi dan Korban

Korban. Kata ini merujuk pada nomina (kata benda), dan menurut KBBI ada dua pengertian: 1. pemberian untuk menyatakan kebaktian, kesetiaan, dan sebagainya; kurban; 2. orang, binatang, dan sebagainya yang menjadi menderita (mati dan sebagainya) akibat suatu kejadian, perbuatan jahat, dan sebagainya.
Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya pernah memberikan satu artikel yang membahas sekilas tentang marka cat di jalan yang berhubungan dengan jalur evakuasi. Arti kata 'evakuasi' sendiri menurut KBBI daring adalah pengungsian atau pemindahan penduduk dari daerah-daerah yang berbahaya, misalnya bahaya perang, bahaya banjir, meletusnya gunung api, ke daerah yang aman. Tetapi kata 'evakuasi' juga mengalami perluasan makna bukan lagi pemindahan 'penduduk' tetapi juga barang atau hewan. Namun biasanya jika menyangkut makna selain penduduk maka akan ditambah kata lain tersebut dibelakang kata 'evakuasi' ini.

Sebagai contohnya bisa dilihat pada referensi Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya berikut: https://www.facebook.com/e100ss/posts/10154703303709879. Adanya kecelakaan di jalan membuat pihak kepolisian harus mengevakuasi mobil untuk menghindari kerumunan atau 'tontonan' masyarakat atau serangkaian kemungkinan lain yakni pencurian onderdil dan lain sebagainya. Peristiwa sejenis pun bisa dilihat pada tautan berikut ini yang menggambarkan evakuasi mobil yang terperosok dari jembatan: https://www.facebook.com/benyamin.kurniawan.3/videos/292597321090045/. Berikut adalah satu foto dari tautan terakhir jika Anda tidak berkesempatan melihat videonya: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1245880198756783&set=o.227268729878&type=3

Proses evakuasi yang sulit ini juga terjadi dalam kebakaran yang beberapa kali terjadi di Surabaya; misalnya saat terjadinya kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya yang harus mengalihkan arus kendaraan ke jalan lain: http://jatim.metrotvnews.com/peristiwa/0kp2e8EN-mal-tunjungan-plaza-surabaya-terbakar. Dan ini bisa berimbas pada kebutuhan tamu konsumen Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya jika kebetulan mempunyai agenda penting pada lokasi tersebut atau sekitarnya. Di samping itu, mungkin seperti yang Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya atau kita semua ketahui bersama bahwa tak semua jalan mempunyai marka jalur evakuasi; jadi sudah sepantasnya kita mendulukan moral dan mengesampingkan ego untuk membantu mereka yang menjadi korban. Setidaknya, tidak menjadi penghalang bagi mereka dalam mendapatkan perhatian intensif. Jika peristiwa semacam ini kebetulan ada di jalur yang Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya lewati dalam mengantar tamu konsumen, mungkin tak ada lain yang bisa dilakukan selain menunggu atau menepi dan memberikan jalan bagi pihak berwenang (polisi) untuk mengatur lalin.
Tak hanya peristiwa kebakaran, hal yang membuat orang berkerumun yang lain adalah tabrakan kereta api semacam ini: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3506785/evakuasi-mobil-yang-tertabrak-ka-di-grobogan-masih-berlangsung. Meski dalam banyak kejadian tabrakan, korban mobil—beserta penumpangnya bila ada/kalau belum sempat melompat—akan terseret sejauh ratusan meter namun yang sering terjadi adalah berhentinya kereta tidak pada pemberhentian seharusnya (semacam stasiun) dan tentu mengakibatkan jalanan macet jika penanganan dan evakuasi tidak segera dilakukan.

Namun beberapa kali kita mungkin juga menjumpai adanya evakuasi 'bohongan' yang dilakukan pada sebuah simulasi; untuk menyadarkan kepada kita tentang kewaspadaan dan kesiapan di mana saja. Misalnya simulasi evakuasi dalam gedung yang kebakaran pada contoh berikut: http://pn-ungaran.go.id/home/index.php/berita/galeri-foto/388-simulasi-evakuasi-kerusuhan-dan-evakuasi-keadaan-darurat-kebakaran-gedung; di dalamnya kita mungkin akan diajarkan bagaimana respons terbaik dan menghindari kepanikan berlebihan yang bisa mengakibatkan situasi menjadi lebih kacau. Simulasi sendiri adalah pembelajaran atas satu kasus mendekati peristiwa aslinya, sehingga diharapkan masyarakat yang 'beruntung' mendapatkan simulasi ini telah terlatih untuk cepat-tanggap jika peristiwa sebenarnya terjadi baik pada lingkungan dimana dia bekerja atau pada lingkungan asing dimana dia berada. Sedangkan yang sering diadakan simulasi seperti yang disebut tadi biasanya adalah gedung bertingkat banyak karena prosesnya yang lumayan sulit ketimbang gedung satu lantai.

Kembali ke jalan raya dimana dunia jalanan ini terkait langsung dengan usaha Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya, baru-baru ini ada referensi menarik tentang bagaimana dunia melindungi satwa yang dilindungi dan terancam punah; di samping jenis satwa ini sendiri merupakan kebanggaan Amerika dan simbol negara. Tentang hubungannya dengan jalan raya dan proses evakuasi adalah ketika satwa ini terluka dan tak sanggup terbang, kepolisian dan pihak yang berwenang pun memblokir akses jalan untuk 'mengamankan' satwa tersebut: https://www.otosia.com/berita/gara-gara-seekor-elang-polisi-harus-tutup-jalan.html.
Nampaknya hal ini bisa menjadi inspirasi karena dilihat dari berbagai peristiwa di dalam negeri agaknya menunjukkan gejala kurang pedulinya kita terhadap keberlangsungan satwa dan lingkungan. Bahkan pernah ada penjualan daring via marketplace dari barang-barang (souvenir) terbuat dari gading gajah dan lain-lain yang termasuk terlarang. Sepertinya kita akan perlu meniru penanganan soal lalin dan lain sebagainya dari negara maju, khususnya yang mempunyai kondisi mirip dengan negara kita; mungkin juga sebaliknya jika ditemukan bahwa dalam satu hal penyelenggaraan pada negeri kita ternyata lebih efektif.
 
 
 
***
Keterangan gambar: ilustrasi jalur evakuasi. sumber: pixabay.com/paulbr75.