Telp
Whatsapp

WX RENT CAR

0857 4924 0555, 0851 0008 6777
08510 9363 777,
WA/LINE :08123 088 0555
PIN BB :
Email: wxrentcar@gmail.com

Berita

Tentang Tenaga Kerja dan Pengangguran

Ada cukup banyak penganggur di Indonesia, meskipun mereka yang bekerja lebih sangat banyak.
Ini fakta, dan bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di negara lain. Adanya pengangguran ini disebabkan oleh banyak faktor: lapangan kerja, usia lanjut, tingkat pendidikan, ketidaksesuaian antara persyaratan dengan kemampuan tenaga kerja dan lain sebagainya. Terlepas dari alasan tadi, besarnya angka penganggur ini memang cenderung dipukul rata apapun penyebabnya; bukan soal mengapa mereka menjadi penganggur.

Saat ini ada banyak kesempatan baru, sementara lapangan pekerjaan lama pun masih ada banyak; terutama yang bersifat 'konvensional' meskipun memang ada yang tergantikan mesin. Di Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya pun baru-baru ini saja membuka beberapa lowongan untuk beberapa orang selain sopir, dimana usaha yang berkembang membutuhkan banyak tenaga supaya lebih optimal. Tiga tahunan lalu praktis hanya ada sedikit kru saja di Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya disebabkan perkembangannya belum terlalu pesat meski telah eksis bertahun sebelumnya.

Kembali ke tema kerja serta pengangguran, secara umum perkembangan di Indonesia menunjukkan tren positif. Dari laman trading economics pun diketahui grafiknya menunjukkan penurunan per-Januari 2018: https://id.tradingeconomics.com/indonesia/unemployment-rate. Tentunya ini cukup menggembirakan meski mengatasi pengangguran ini adalah langkah bersama. Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat melihat bahwa tingkat pengangguran yang tinggi dapat menyebabkan meningkatnya angka kriminalitas; karena banyak kebutuhan akan terpenuhi jika ada uang, tetapi memperoleh uang secara halal hanya bisa didapat jika bekerja atau berdagang. Dan mereka yang berdagang ini pun tidak termasuk ke dalam pengangguran jika kita merujuk klasifikasi jenis pekerjaan pada berbagai formulir (saat ini ada 88 jenis status pekerjaan).

Adanya pengangguran ini juga bukan melulu disebabkan oleh faktor pendidikan saja. Ada pemikiran tentang 'kepatutan' dari banyak orang yang mengenyam pendidikan tinggi yakni malas bekerja pada bidang-bidang yang 'remeh' dan kurang cocok bagi tingkat pendidikannya yang tinggi tadi. Setidaknya hal tersebut yang disimpulkan Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya dari artikel berikut: http://pepnews.com/2018/07/22/pascasarjana-pengangguran-bergelar-s2-sudah-terlalu-banyak/. Jika kita melihat banyaknya tenaga serabutan di sekitar kita dengan tingkat pendidikan yang 'tak seberapa', mungkin mereka lebih beruntung dapat mandiri dan mendapatkan penghasilan sendiri ketimbang menganggur. Kira-kira mana yang lebih terhormat? ^_^
Pekerjaan yang ada sekarang pun seringkali dapat dimasukkan ke dalam poin pengalaman kerja untuk mencari pekerjaan setelahnya. Pekerjaan sebagai 'jembatan' untuk memperoleh tingkatan yang lebih tinggi ini menjadi fakta yang cukup umum bagi Sewa Rental Mobil Perhari di Surabaya karena memang dilakukan oleh banyak orang; tak bisa dipungkiri mungkin termasuk karyawan Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya sendiri. 

Sementara itu, selain kebingungan memilih jenis pekerjaan di dekat tempat domisili; Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya melihat ada juga yang lebih memilih menjadi TKI atau bekerja di luar negeri. Tingkat perbandingan TKI (orang Indonesia yang bekerja di luar negeri) dan TKA (orang luar negeri yang bekerja di Indonesia) pun cukup tajam dari referensi berikut: https://katadata.co.id/infografik/2018/05/07/tka-vs-tki-fakta-dan-data. Hanya ada kurang dari 150ribu orang TKA sedangkan populasi TKI di luar negeri hampir 3,5 juta orang dengan berbagai jenis pekerjaan di berbagai negara. 

Di Surabaya yang mulai macet meskipun tak separah Jakarta, memulai hari dengan bangun pagi lebih dini pun agaknya cukup jarang terjadi disebabkan lalin yang masih bisa ditoleransi. Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya sendiri membatasi batas jam paling bawah adalah pukul 6.00 pagi, dan dari yang selama ini diterapkan hanya berbenturan dengan beberapa orang saja; yang bahkan keberadaannya bisa dihitung dengan jari. Di Jakarta, untuk bisa mengejar jam masuk kerja pun orang akan berangkat subuh: https://www.facebook.com/Opinidotid/videos/1637166699666202/. Terkadang meski telah begitu pulang kerja pun akan lebih molor dari yang seharusnya disebabkan macet tadi—belum jika harus lembur. Sementara pembangunan jalan pun hanya bisa dilakukan dengan bersusun (bukan memperlebar seperti frontage Ahmad Yani-Surabaya) disebabkan harga tanah yang mahal serta pinggiran jalan yang telah sesak gedung bertingkat. 
Berhubungan dengan dunia kerja, waktu kerja berlebih ini cukup membuat karyawan tidak betah di lingkungan kerja. Terlihat sepele, namun ada banyak berita kasus bunuh diri di Jepang ditengara disebabkan karena ini. Waktu kerja berlebih mengakibatkan stres hingga berujung depresi karena menurunnya kualitas hidup. Namun menjadi pengangguran pun mempunyai masalahnya sendiri disebabkan ketiadaan daya untuk sekadar mencukupi kebutuhan sendiri.

Di masa kini, banyak karyawan aktif di media sosial; tak terkecuali karyawan Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya pula. Bahkan beberapa diantaranya terhubung dengan akun Rental Sewa Mobil Baru di Surabaya. Namun yang terpenting adalah bagaimana sebaran di media sosial saat ini begitu masifnya sehingga sekali membuat kesalahan (status/twit miring) akan tersebar dengan cepat. Telah ada beberapa perusahaan yang diketahui memecat karyawannya hanya berawal dari sebuah status yang menjadi viral. Tak perlu disebutkan satu-persatu karena kasus ini mudah dicari beritanya. Menaker yang membawahi Departemen Tenaga Kerja pun memperingatkan jika perilaku seseorang akan terdeteksi di media sosial dan mempengaruhi karir (jika belum diterima kerja): https://news.detik.com/berita/4120950/menaker-ingatkan-perilaku-di-medsos-bisa-pengaruhi-penerimaan-kerja. Sewa Mobil Surabaya melihat banyak fakta berita terlacaknya jejak digital meskipun yang digunakan adalah akun palsu, meskipun tidak berhubungan dengan perusahaan penyedia media sosial tersebut. 
 
Media sosial bisa bermanfaat bila penggunaannya wajar, namun bisa juga menjadi mesin pembunuh jika penggunaannya sembarangan. Sebuah grup lowongan kerja (area Surabaya) di Facebook dimana Rental Mobil Surabaya menjadi member di dalamnya juga menerbitkan peringatan akan sebuah akun yang menjadi buruan polisi karena diduga meruntuhkan nama baik sebuah perusahaan. Mungkin kita mengetahui jika HRD sebuah perusahaan pun dapat aktif pada media sosial untuk kalangan profesional semacam linkedin, namun tak menutup kemungkinan mereka juga aktif pada media sosial lain guna berbagi informasi. Jadi sudah selayaknya kita menjaga perilaku supaya diterima saat sedang mencari pekerjaan; begitu juga harus tetap menjaga perilaku tadi untuk memelihara kelangsungan kerja di sebuah instansi.

 
 
 
***
Keterangan gambar: ilustrasi bokek disebabkan tak mempunyai pekerjaan. Sumber: Pixabay/1820796